Telinga Berdenging

Dokter selalu memilih kata yang esoterik untuk menggambarkan kondisi sederhana. Jadi mereka menyebut telinga berdenging sebagai tinitus. Tinitus atau telinga berdenging sangat sering terjadi dengan sekitar 36 juta penderita di Amerika Serikat. Ada banyak hal yang menyebabkan telinga berdenging. Beberapa diantaranya sangat jarang terjadi dan sebagian besar tidaklah serius.

 Telinga Berdenging

Telinga Berdenging

Tetapi ada penyebab yang bisa sangat berbahaya. Termasuk di antara penyebab telinga berdenging ialah :

  • Hilangnya pendengaran karena usia (presbikusis)
  • Trauma
  • Obat (aspirin, antibiotika)
  • Perubahan pada tulang telinga
  • Ateroklerosis
  • Tekanan darah tinggi
  • Tumor pada kepala dan leher
  • Sendi rahang
  • Penyakit meniere
  • Infeksi telinga
  • Penyakit tiroid
  • Peningkatan aliran darah
  • Timbunan lemak telinga dan berbagai penyebab lain dari telinga berdenging.

Penyebab telinga berdenging yang paling sering terjadi adalah ketika terdapat kerusakan pada perangkat pendengaran atau sel-sel rambut di dalam telinga. Mereka adalah tonjolan-tonjolan kecil yang membungkus kokhlea di dalam telingan bagian dalam. Ketika suara diterima, sel-sel rambut kecil ini mengirim sinyal listrik ke otak yang kemudian diubah menjadi suara. Beberapa ahli menganggap telinga berdenging bisa berasal dari otak dan bukan dari telinga.

Telinga berdenging kadang terjadi karena rusaknya sel-sel rambut di kokhlea telinga bagian dalam. Sel-sel rambut mengirim informasi suara ke otak. Sel-sel rambut dapat pulih dari keruskan sementara, tetapi suara yang keras dan sering dapat merusak sel-sel rambut secara permanen.

Telinga suka berdenging juga dapat disebabkan oleh frekuensi suara yang diterima telinga terlalu tinggi sehingga gendang telinga dan rambut-rambut halus telinga mengalami suatu hambatan yang tidak mampu menyaring atau merendam suara. Orang yang pendengarannya normal, audiogramnya terletak 0-20 dB.

Keadaan pendengaran atau seberapa parah gangguan pada telinga yang dialami bisa diukur menggunakan audiometrik. Caranya dengan menggunakan sejenis headphone yang diberi bunyi-bunyian dengan berbagai frekuensi berbeda dari yang rendah sampai yang tinggi. Intensitas atau kekerasannya berbeda pula dan dihitung dalam satuan desible (dB), sementara waktu bunyi pertama didengar dicatat dalam bentuk audiogram.

Sehingga seseorang yang mengalami telinga berdenging seakan-akan suara yang terdengar  bisa bermacam-macam, bisa dengungan, denging, mengerik, deru, raungan atau siulan bahkan suara berdesis dengan tingkat gangguan berbeda-beda, dari yang tidak begitu mengganggu sampai yang bisa bikin stres

Untuk mengobati telinga berdenging, maka harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Jika penyebab dari telinga berdenging disebabkan karena kondisi medis, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengobati terlebih dahulu keadaan medis tersebut. Namn, jika telinga berdenging ini menetap setelah proses perawatan gangguan medis tadi, biasanya dokter akan melakukan pilihan perawatan non-medis yang bisa membantu untuk mengurangi dan juga mengurangi gejala suara yang tidak diinginkan. Kadang-kadang masalah telinga berdenging ini akan hilang dengan sendirinya tanpa melakukan tindakan pengobatan apapun.

Namun, harus diketahui bahwa apapun dari penyebab telinga berdenging yang terjadi, tetapi tidak semua telinga berdenging gejalanya bisa dikurangi. Jika penyebabnya disebabkan karena kotoran telinga yang menumpuk, maka biasanya dokter akan membersihkan telinga Anda dengan cara menghisap kotoran tersebut dengan menggunakan alat yang berbentuk lengkungan kecil yang disebut dengan kuret atau bisa dengan dilakukan cara menyiram keluar menggunakan air hangat. Dan jika penyebabnya disebabkan karena infeksi pada telinga yang terjadi, mungkin dokter biasanya akan memberikan obat tetes telinga yang kandungan di dalamnya adalah hydrocortisone untuk membantu meredakan rasa gatal yang muncul dan juga antibiotik untuk membantu melawan infeksi sakit telinga.

Ada beberapa jenis obat yang bisa membantu mengatasi masalah infeksi sakit telinga ini. Beberapa obat anti cemas dosis yang rendah misalnya dengan menggunakan callium atau juga menggunakan obat antidepresan seperti Elavil, yang bsia membantu mengurangi telinga berdenging. Lidocaince yakni obat yang bisa membantu untuk irama jantung yang tidak normal, sudah menunjukkan bisa membantu untuk mengatasi masalah tinnitus untuk sebagian orang. Namun, obat ini haruslah diberikan dengan intravena atau bisa langsung pada telinga tengah agar menjadi lebih efektif.

Obat alami telinga berdenging bisa dilakukan dengan menggunakan obat herbal seperti ginkgo biloba atau juga dengan mineral, misalnya seperti seng atau juga magnesium dengan hasil yang bervariasi. Dan sedangkan beberpa pengobatan telinga berdenging lainnya dengan menggunakan akupuntur magnet, atau juga dengan menggunakan hipnosis yang bisa membantu untuk meredakan telinga berdenging.

Cara mencegah terjadinya telinga berdenging bisa dilakukan dengan cara menghindari paparan suara yang keras yang bisa meningkatkan resiko dari terjadinya telinga berdenging, sehingga perlindungan dari pendengaran yang merupakan suatu pencnegahan yang paling penting. Dan jika Anda berada pada tempat dengan tingkat suara yang tinggi sehingga Anda tidak bisa berbicara dengan suara yang ormal, maka Anda bisa menggunakan penutup telinga busi yang bisa membantu untuk menjauhkan dari sumber kebisingan yang muncul dan mengecilkannya.

 Telinga Berdenging


=====================================

>>> THM – Obat Tetes Telinga Alami Untuk Membantu Membersihkan Telinga, Mengembalikan Fungsi Telinga dan Pendengaran, Mengobati Berbagai Gangguan Sakit Telinga, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Telinga Berdenging and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *